Memahami Fitur Afiliasi

Jika pendaftaran anda berhasil dan akun telah teraktivasi, maka akan muncul area afiliasi seperti gambar di bawah ini beserta semua fitur afiliasi yang disediakan

Fitur Tautan Afiliasi

Untuk membuat tautan afiliasi, akan di bahas di topik berikutnya secara khusus. Secara singkat di menu afiliasi Affiliate URL’s ini digunakan untuk men-generate tautan afiliasi yang disebarkan.

Ini adalah fitur utama afiliasi jika ada calon pembeli yang membuka tautan afiliasi anda dan melakukan pembelian, maka anda berhak mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

1. Tentukan tautan dari website Kuanta.ID yang ingin anda buat tautan afiliasi-nya. Jika ingin halaman depan dari website kuanta yang akan dijadikan tautan afiliasi, biarkan seperti pada gambar

2. Ini opsi pilihan, boleh diisi boleh tidak sesuai dengan kebutuhan. Biasanya kolom nomor 2 ini diisi dengan campaign yang dibuat. Contoh: Jika campaign penyebaran tautan ini melalui Facebook bisa anda ketikkan Facebook sebagai penanda bahwa tautan ini akan anda sebarkan melalui Facebook, sehingga di laporan afiliasi akan terdeteksi keberhasilan penjualan produk melalui campaign apa saja.

Jika sudah selesai membuat tautan afiliasi, klik tombol Generate URL dan tautan afiliasi yang siap anda sebarkan akan muncul otomatis di bawah (lihat gambar)

Tautan afiliasi ini : https://kuanta.id/?ref=25&campaign=Facebook siap disebarkan ?ref=25 adalah ID Afiliasi anda. Jika komputer atau smartphone dari calon pembeli menggunakan cookies (penyimpanan sementara penelusuran web) data tautan afiliasi anda bisa tersimpan 10-30 hari.

Jadi, meskipun calon pembeli tersebut tidak melakukan pembelian saat pertama kali mengunjungi tautan afiliasi anda, dan dalam waktu ke depan 10 hari misalnya baru terjadi pembelian data afiliasi anda masih tersimpan dan tentu saja komisi berhak anda peroleh.

Kasus lain jika komputer atau smartphone calon pembeli terdapat aplikasi yang membersihkan cookies maka data afiliasi anda tidak akan tersimpan dan pembelian dari afiliasi tidak terdeteksi. Jadi, pastikan anda tetap konsisten dalam menyebarkan tautan afiliasi anda melalui media sosial, blog pribadi ataupun saluran lainnya.

Fitur Statistik

Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan kita melihat laporan kunjungan dari tautan afiliasi yang kita sebarkan dan bisa anda akses dengan klik tautan Statistics

  • Unpaid Referrals : Jumlah referal yang belum terbayarkan
  • Paid Referrals : Jumlah referal yang terbayarkan
  • Visits : Jumlah kunjungan tautan afiliasi
  • Conversion Rate : Persentase perbandingan jumlah kunjungan dan jumlah yang membeli produk
  • Unpaid Earnings : Jumlah komisi yang belum terbayarkan
  • Paid Earnings : Jumlah komisi yang telah terbayarkan

Fitur Graphs

Fitur ini memungkinkan anda melihat laporan secara dalam bentuk grafik seperti gambar di bawah ini

Fitur Referrals

Fitur ini memungkinkan anda mendapatkan keterangan informasi produk apa saja yang berhasil memberikan komisi dari tautan afiliasi anda.

Fitur Payouts

Fitur ini memungkinkan anda melihat jumlah pencairan komisi yang telah berhasil dibayarkan

Fitur Visits

Fitur ini memungkinkan anda membaca laporan detil tentang statistik tautan afiliasi anda

Fitur Creatives

Fitur ini bisa anda gunakan untuk mengunduh bahan promosi dalam bentuk flyer ataupun poster sesuai dengan promo yang sedang dijalankan pada periode waktu tertentu.

Was this page helpful?