Memberi label pada anak-anak biasanya dimulai dengan niat terbaik. Kita mungkin percaya bahwa kita mendorong perilaku positif (“Anak baik!”), Memupuk semangat dan keterampilan (“Kamu sangat atletis!”) Dan memotivasi dengan pujian (“Aku tahu kamu bisa melakukan ini — kamu sangat pintar! “).
Tapi, sama seperti label yang membersamai saya tumbuh dewasa dengan membuat saya percaya saya buruk dalam matematika, label sering lebih merusak daripada baik.
Dengan memberi label pada anak, seperti meletakkan mereka ke dalam suatu kotak dan langsung mengarahkan anak-anak untuk menyimpulkan apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan. Apa yang awalnya dimulai sebagai pujian dan dorongan positif dengan cepat bola salju menjadi label permanen yang sulit dilepaskan.
6 alasan untuk berhenti memberi label pada anak-anak
Sebagai orang tua, kita semua sudah terbiasa dengan label anak-anak sekarang dan nanti, baik untuk kebaikan atau buruk. Kita mungkin menyebut satu anak sebagai atletis, yang lain sebagai musikal. Entah dengan keras atau di kepala kita, kita mungkin menamai satu anak sebagai hal yang sulit atau menantang dan yang lain santai.
Setiap kali kita melakukannya, kita jatuh ke dalam perangkap label tanpa menyadari efek dan konsekuensinya yang terbatas. Sejak itu saya telah belajar kelemahan dari label anak-anak dan saya melakukan yang terbaik untuk menghindari mereka sebanyak mungkin. Berikut ini enam alasan Anda juga harus berhenti melabeli anak:
1. Memberi label pada anak-anak membuat mereka sulit menunjukkan empati
Ketika dihadapkan dengan anak yang menantang, berkemauan keras, melabelinya sebagai “pembuat onar” secara otomatis membuat Anda sulit untuk menunjukkan empati dan menyelesaikan masalah. Pelabelan menciptakan jarak antara Anda dan emosi anak Anda.
Anda memberinya sifat kepribadian alih-alih mencoba berhubungan dengan perjuangannya. Alih-alih terlibat dengan empati, menempatkan label itu menyebabkan Anda menjauh dari hubungan dengan seorang anak yang merasa frustrasi.
Anda cenderung melihatnya sebagai anak yang sulit atau pembuat onar. Menjadi lebih sulit untuk menyadari bahwa anak Anda jauh lebih dari sekadar perilakunya, tindakan atau amarahnya.
Ketika anak Anda dilabeli dengan sifat, Anda cenderung berjuang untuk melihat alasan yang sah mengapa dia berperilaku seperti ini. Anda mungkin merasa lebih sulit untuk terhubung dan berkomunikasi.
Bagaimanapun, perasaan bersifat sementara dan dapat dikerjakan dan diselesaikan, tetapi merupakan sifat kepribadian, yah … penunjukan itu bisa tampak lebih permanen.
2. Pelabelan membuat anak-anak merasa buruk tentang diri mereka sendiri
Anak-anak Anda mendengar apa yang Anda katakan tentang mereka dalam percakapan dengan orang dewasa lainnya.
Jadi, ketika Anda membuat alasan untuk anak Anda, seperti, “Oh, dia pemalu — dia tidak akan melakukannya,” atau “Maaf — dia sangat gaduh setiap saat,” dia akan percaya apa yang Anda katakan kepada benar dan dia akan percaya rasa malu atau kecongkakannya adalah “buruk.”
Tidak peduli bahwa dicadangkan atau memiliki banyak energi bukanlah kualitas buruk. Sangat normal untuk merasa tenang atau menahan diri di sekitar orang asing atau situasi baru. Anak-anak juga diharapkan mengeluarkan energi dan berlari-lari.
Ketika anak Anda mendengar Anda melabelinya dengan kata-kata seperti “gaduh dan kasar” atau “malu-malu dan pemalu,” ia merasa sadar diri. Apa yang benar-benar dia dengar adalah bahwa perasaan dan tindakannya yang sangat alami membuatnya “buruk.”
Dia mulai menerima keyakinan yang membatasi tentang dirinya sebagai benar dan dia akan terus percaya pada label itu saat dia tumbuh dewasa.
3. Terlalu dini untuk memberi label pada anak-anak
Kita semua pernah mendengar, “Oh, dia akan menjadi insinyur!” Begitu anak-anak kita menunjukkan ketertarikan yang jauh pada bagaimana mobil atau mesin bekerja. Atau, “Wow! Dia akan menjadi orang yang banyak bicara! ”Ketika mereka mendengar bayi Anda dengan gembira mengoceh.
Meskipun teman dan keluarga sangat cocok dengan komentar mereka, label-label ini (bahkan label positif) memberi anak-anak masa depan di usia yang sangat muda.
Siapa yang tahu apa yang akan dilakukan anak-anak kita?
Sebagai bayi, balita, atau bahkan anak prasekolah, mereka akan menunjukkan minat dalam segala bidang! Mari kita biarkan anak-anak kita memutuskan minat mereka.
Mereka dapat menjelajahi segala macam karier dan kegiatan selama hidup mereka. Memberi label mereka sebagai “atlet” atau “gadis girly” sejak awal memikat mereka. Beri mereka menemukan bakat alami mereka dan tumbuh menjadi minat baru saat mereka tumbuh.
4. Label tidak akurat
Hampir setiap orang (baik kecil atau dewasa) berubah setiap hari! Kita semua unik — kita tidak dapat ditempatkan ke dalam kategori atau kotak yang rapi. (Betapa membosankannya jika kita semua diberi label dan dikategorikan dengan rapi?)
Anak-anak mungkin bertindak serius suatu hari dan lucu di hari berikutnya. Suatu hari bayi Anda mungkin tersenyum dan melambai pada setiap orang asing dan berikutnya menempel di kaki Anda atau bersembunyi di bahu Anda. Seorang balita mungkin sengaja tidak mematuhi dan kemudian beberapa menit kemudian mengikuti instruksi untuk surat itu.
Manusia mampu memiliki banyak emosi, reaksi, dan sisi kepribadian yang kompleks — termasuk anak-anak.
Tidak mungkin memberi label pada seseorang dan memprediksi setiap tindakan yang akan mereka ambil. Setiap hari, anak-anak kita mengejutkan kita dengan kemampuan mereka untuk zig ketika kita mengharapkan zag — itu hanya salah satu hal indah tentang menyaksikan mereka tumbuh!
5. Anak-anak secara keliru percaya bahwa bakat adalah bawaan dan tidak dapat diubah
Ketika anak-anak berkembang dan menemukan kemampuan dan bakat mereka, mereka mulai percaya bahwa bakat mereka adalah bawaan dan tidak dapat diubah. Alih-alih memahami nilai praktik dan kerja keras, mereka dapat dengan mudah dilemahkan dan percaya, saya tidak bisa melakukannya, bahkan jika saya mencobanya. Itu tidak ada dalam diriku.
Ketika seorang anak dicap atletik, artistik atau kutu buku, ia mulai percaya bahwa label adalah identitasnya.
Dia mungkin percaya bahwa olahraga adalah satu-satunya hal yang dia lakukan dengan baik atau bahwa sains adalah satu – satunya kelas yang disinari. Seorang “atlet” mungkin merasa dia tidak dapat menjelajahi desain atau dia tidak akan pernah pandai membaca. Demikian pula, “kutu buku” mungkin menahan diri dari bermain game di gym.
Anak-anak lebih mungkin berprestasi di sekolah dan melakukan upaya baru ketika mereka tidak melihat pintu-pintu ini tidak terjangkau.
Ketika mereka belajar bahwa dengan latihan mereka bisa menjadi lebih baik di hampir semua tugas, dunia terbuka untuk mereka dan mereka lebih bersedia mengambil risiko dan menjelajahi cakrawala baru.
6. Memberi label pada anak-anak membuat sulit untuk memperbaiki perilaku
Baik tersurat maupun tersirat, label sulit dilepaskan. Sedemikian rupa sehingga, ketika didisiplinkan, anak-anak percaya perasaan dan kata-kata negatif Anda diarahkan pada mereka sebagai pribadi, bukan pada perilaku mereka.
Jika anak Anda tahu bahwa memukul itu “salah,” maka lebih mudah untuk dikoreksi, terutama jika Anda meyakinkannya bahwa Anda mencintainya, apa pun yang terjadi — bahkan jika ia berkelakuan buruk. Tetapi jika dia dicap sebagai “pemukul” atau “agresif,” maka perilaku memukul menjadi lebih sulit untuk diubah.
Bagaimana Anda bisa mengubah diri Anda?
Anak Anda mungkin berpikir, Kenapa repot-repot ? Apakah benar – benar sepadan dengan upaya untuk mengekang perilaku Anda jika suatu sifat melekat? Sekali lagi, jauh lebih mudah untuk memperbaiki suatu tindakan atau bekerja melalui perasaan daripada mengubah kepribadian Anda.
Kesimpulan
Dari perilaku hingga interaksi sosial hingga cara mereka belajar, memberi label pada anak-anak lebih banyak ruginya daripada kebaikan (bahkan ketika niat baik).
Label dapat mempersulit kita untuk menunjukkan empati ketika anak-anak kita berjuang untuk berperilaku: apakah secara sadar atau tidak, kita juga mulai percaya pada label itu. Anak-anak pada akhirnya merasa buruk tentang diri mereka pada usia ketika kita mencoba membangun kepercayaan diri mereka.
Masa kanak-kanak adalah waktu untuk penemuan, tetapi label dapat menetapkan minat dan sifat-sifat sebelum anak-anak bahkan tahu apa yang mereka sukai. Kita semua memiliki banyak bidang minat yang berbeda, dan anak-anak memiliki kecenderungan alami terhadap semua jenis mata pelajaran.
Pemberian label juga menghambat pertumbuhan anak-anak dan membatasi potensi mereka.Lagipula, label salah meyakinkan mereka bahwa bakat dan kemampuan mereka adalah bawaan daripada sesuatu yang dapat berubah dengan usaha.
Ini juga berlaku untuk perilaku. Pelabelan mungkin membuat anak-anak percaya bahwa perilaku dan sifat-sifat kepribadian menentukan siapa mereka sebenarnya, mereka dapat dikoreksi, diubah atau diadaptasi.
Anak-anak (dan orang dewasa) kompleks dan beragam — dan bukankah hebat bahwa kita tidak bisa masuk ke dalam satu kotak atau yang lain? Tak satu pun dari kita yang hanya memiliki satu atau dua sifat, bakat, atau bidang keahlian. Kita tidak terikat dengan label — jadi mari kita lakukan yang terbaik untuk berhenti memberi label pada anak-anak.
Sumber: sleepingshouldbeeasy.com