Publikasi Pendaftaran Sekolah merupakan sebuah momen yang tentunya ditunggu – tunggu oleh setiap sekolah. Hal ini terjadi karena para sekolah akan bersaing untuk menggaet Peserta Didik Baru dengan menunjukkan keunggulan dari lembaga pendidikan mereka. Tentunya, sebelum mempublikasi informasi seputar pendaftaran sekolah, dibutuhkan beberapa strategi yang efektif. Agar nantinya sasaran yang dituju oleh lembaga pendidikan menjadi tepar sasaran dan tertarik untuk mendaftar di sekolah tersebut.
Berikut merupakan beberapa strategi yang harus disiapkan oleh suatu sekolah sebelum melakukan publikasi pendaftaran sekolah :
Promosi Secara Efektif dan Berkala
Strategi pertama yang efektif untuk melakukan Publikasi Pendaftaran Sekolah ialah dengan promosi yang dilakukan oleh sekolah secara efektif dan berkala. Sekolah harus secara aktif mempromosikan berbagai keunggulan yang dimiliki, seperti fasilitas, prestasi, dan beberapa sarana serta layanan pendukung.
Optimalisasi media digital seperti website sekolah serta media sosial seperti facebook, instagram, youtube, dll. Sosial media yang di desain memiliki tampilan menarik dan isi informasi yang cukup efektif, responsif, dan mudah diakses. Hal ini dapat memungkinkan calon peserta didik dan orang tua mengetahui serta mengenali keunggulan yang dimiliki oleh sekolah. Dan juga, diperlukan juga dalam website suatu sekolah fitur berupa pendaftaran online agar mempermudah proses pendaftaran.
Collaboration Content dengan Influencer ataupun Alumni
Strategi publikasi pendaftaran sekolah selanjutnya ialah dengan menyertakan sebuah kolaborasi antara sekolah dengan influencer yang bergerak dalam dunia pendidikan. Sekolah juga dapat menggandeng alumni sekolah tersebut yang dikemas dalam suatu konten. Konten kolaborasi dengan influencer dapat memungkinkan engagement dari sekolah akan meningkat. Hal ini dapat menarik minat para pengikut dari influencer untuk menarik minat wali murid segera mendaftarkan anaknya.
Untuk menguatkan proses publikasi pendaftaran sekolah, dibutuhkan juga testimonial alumni yang sebelumnya pernah bersekolah di sekolah tersebut. Hal ini cukup penting karena alumni yang bersangkutan pernah merasakan berbagai macam fasilitas dan layanan yang dimiliki oleh sekolah. Sehingga dapat menciptakan trust atau kepercayaan dari sasaran pendaftar kepada sekolah tersebut.
Dalam proses kolaborasi dengan influencer ataupun alumni, dapat dikemas dalam bentuk konten ataupun kata – kata testimoni yang dicantumkan pada website sekolah.
Menunjukkan Brand Identity Sekolah yang Kuat
Dalam proses publikasi pendaftaran sekolah, tentunya tiap sekolah harus melakukan show – off atau mempertunjukkan brand identity dari sekolah tersebut. Seperti berupa menunjukkan bahwa sekolah ini memiliki kualitas terbaik dibanding sekolah lainnya, mulai dari prestasi, fasilitas, layanan, dan teknik mengajar. Selain itu, melalui logo, tagline, dan diversitas sekolah dari sekolah yang lain. Apalagi di masa sekarang zaman telah beralih menjadi serba digital. Serta hal ini dapat menjadi nilai plus untuk sekolah dalam proses show – off brand identity mereka.
Dengan beberapa strategi diatas, tentunya membuat sekolah lebih banyak mendapatkan perhatian khusus dari calon peserta didik dan orang tua. Dengan catatan, sumber daya manusia (SDM) yang berada di sekolah tersebut mendukung strategi diatas agar hasil yang diinginkan menjadi maksimal.
Kini, Kuanta hadir berpengalaman dan terpercaya sebagai partner bertransformasi pendidikan melalui layanan konsultasi, pelatihan, pengembangan kepemimpinan, riset. Serta pendampingan berkelanjutan untuk menjadi lembaga pendidikan terbaik. Kuanta Indonesia telah dipercaya oleh kementerian pendidikan, dinas pendidikan, yayasan pendidikan, Sekolah, Direktur Pendidikan, CSR, Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga Pendidik lainnya.
Sumber: Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah Swasta
Temukan artikel kami yang lain di link berikut : Kumpulan Artikel Kuanta
Simak juga update terbaru dari kami melalui channel : youtube Kuanta Indonesia
Follow instagram kami di @kuantaindonesia