Menurut Survei, Guru Malaysia Paling Berdedikasi di Dunia

Dilansir dari Kompas.com, Guru memainkan peran penting dalam kehidupan, karena mereka memberikan pengetahuan selama tahun-tahun paling mendasar yakni dari usia 5 hingga 17-18 tahun.

Guru-guru di Malaysia mendapat predikat sebagai “pendidik paling berdedikasi di dunia” dalam survei Cambridge baru-baru ini.

Penelitian ini dilakukan lembaga pendidikan Cambridge Assessment International Education (Cambridge International), yang merupakan bagian dari Universitas Cambridge. Global Education Census 2018 mengungkapkan guru di Malaysia sangat berdedikasi terutama dalam memastikan bahwa siswa mereka unggul dalam akademik.

Yang terpenting, survei juga menemukan bahwa 70 persen guru di Malaysia merasa bahwa profesi yang mereka jalani sangat bernilai. “Sekitar 75 persen guru (di Malaysia) yang ikut serta dalam survei ini memberikan kelas tambahan untuk membantu siswa agar mencapai nilai ujian terbaik. Angka ini merupakan tertinggi dari semua negara yang disurvei,” tulis laporan itu.

Tiga dari empat guru di Malaysia mengatakan bahwa mereka memberikan pelajaran dan kelas tambahan untuk siswa mereka. Kemudian, mempelajari soal-soal ujian tahun lalu juga menjadi metode favorit para guru Malaysia.

Ketika para peneliti bertanya bagaimana para guru mengukur “kinerja profesional” mereka sendiri, 84 persen dari mereka menjawab dengan mengacu pada hasil ujian siswa. Namun juga, 40 persen dari mereka mengatakan bahwa mereka mengukur kinerja dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai target masuk dalam pendidikan tinggi atau universitas.

Total 477 siswa dan 634 guru turut ambil bagian dalam survei ini. Hasil survei sendiri dikumpulkan dari 10 negara yakni Argentina, Cina, India, Indonesia, Malaysia Pakistan, Arab Saudi, Spanyol, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.

Global Education Census mengumpulkan beragam isu pendidikan dari sekitar 20.000 guru dan siswa tentang beragam topik mulai dari

  1. Praktik kelas terbaik
  2. Penggunaan efektif bantuan pengajaran dan pembelajaran tambahan
  3. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan pengajaran
  4. Kegiatan ekstrakurikuler
  5. Aspirasi siswa
  6. Motivasi guru

Global Education Census juga menjadi studi global komprehensif pertama yang meyorot beragam aspek kehidupan siswa usia 12-19 tahun dan guru di sekolah-sekolah di seluruh dunia.

Lalu bagaimana dengan guru-guru kita?

Sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/26/12115931/survei-cambridge-guru-malaysia-paling-berdedikasi-di-dunia.

Bagikan Artikel :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Pinterest

Outcome Based Education – Pendekatan Pendidikan Berorientasi Hasil

Outcome Based Education (OBE) adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada hasil belajar yang ingin dicapai oleh siswa. Berbeda dengan sistem pendidikan tradisional yang lebih menitikberatkan ...
Read More →

Pendidikan 4.0 – Transformasi Pendidikan di Era Digital

Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Saat ini, dunia memasuki era Pendidikan 4.0, sebuah konsep yang menyesuaikan ...
Read More →

Online Service Class (OSC) di Pesantren Teknologi MSBS Aceh: Belajar Marketing dan Branding Sekolah dengan Seru!

Dalam dunia pendidikan modern, marketing dan branding sekolah menjadi faktor penting untuk meningkatkan daya saing dan daya tarik lembaga pendidikan. Menyadari hal ini, Kuanta Indonesia ...
Read More →