Panduan Mentoring Menjadi Mentor Profesional

Mentoring merupakan kegiatan pendampingan yang dilakukan kepada suatu organisasi yang dianggap kurang mahir dalam melakukan sesuatu. Proses Pendampingan ini juga membutuhkan adanya interaksi yang bersifat dukungan satu sama lain. Dengan istilah lain, mentoring  berarti membantu individu dalam berbagi pengalaman atau pengetahuan sedangkan coaching yaitu membantu individu untuk mencapai target tertentu.

CIRI-CIRI MENTOR BERKUALITAS

  1. Tidak mengharapkan adanya hal-hal tambahan di luar perjanjian

Seorang mentor tidak seharusnya meminta apapun dari peserta untuk kepentingan pribadi di luar kesepakatan awal. Karena hal tersebut akan menurunkan standar profesional dan kualitas seorang mentor. Kesepakatan tersebut akan menjadi acuan bagi mentor saat melakukan pendampingan dalam penetapan batasan-batasan yang ada.

  1. Tidak memberatkan peserta pendampingan dengan tugas tambahan.

Sebagai mentor juga harus paham mengenai tingkat fokus peserta. Sehingga, mentor tidak memberikan tugas kepada peserta melebihi  batas wajar.

  1. Tidak menjatuhkan mental dan semangat peserta pendampingan

Dalam proses pendampingan, seorang mentor juga perlu memberikan pendampingan mental kepada peserta. Namun, dalam hal ini mentor juga harus bersikap profesional dengan memberikan proses penguatan mental secara bertahap.

  1. Memiliki pengalaman dan keahlian

Untuk meyakinkan peserta pendampingan seorang mentor yang profesional tidak hanya pandai berbicara tetapi juga harus mendukung dengan pengalaman dan keahlian yang relevan. Menyertakan portofolio sebagai bukti konkret atas pengalaman dan keahlian merupakan salah satu cara yang efektif.

  1. Membantu peserta pendampingan menjadi diri sendiri

Tujuan utama seorang mentor adalah berbagi pengalaman kepada peserta. Maka, seorang mentor profesional tidak menuntut agar peserta menjadi sepertinya. Sebaliknya, ia bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta dan membantu mereka mencapai kesuksesan dengan cara yang sesuai dengan kepribadian dan kemampuan mereka sendiri.

Kuanta Indonesia berpengalaman dan terpercaya sebagai partner bertransformasi pendidikan melalui layanan konsultasi, pelatihan, pengembangan kepemimpinan, riset. Serta pendampingan berkelanjutan untuk menjadi lembaga pendidikan terbaik. Kementerian pendidikan, dinas pendidikan, yayasan pendidikan, Sekolah, Direktur Pendidikan telah mempercayakan kuanta sebagai partner layanan konsultasi pendidikan. Selain itu CSR, Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah. Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga Pendidik lainnya.

Sumber: Sevilla. Mengenal Mentoring: Pengertian, Ciri, Manfaat, dan Contoh Mentoring. Diakses pada 06 Juni 2024 di https://www.gramedia.com/best-seller/mentoring/


Temukan artikel kami yang lain di link berikut : Kumpulan Artikel Kuanta
Simak juga update terbaru dari kami melalui channel : youtube Kuanta Indonesia
Follow instagram kami di @kuantaindonesia


Bagikan Artikel :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Pinterest

RAHASIA PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF

Pengelolaan kelas yang efektif adalah salah satu kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Bagi guru baru, kemampuan untuk mengelola kelas dengan baik merupakan hal yang ...
Read More →

Pentingnya Manfaat Pembelajaran Diferensiasi  bagi Siswa

Ada kebutuhan untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan keanekaragaman siswa di dunia pendidikan yang terus berkembang. Dalam kelas, setiap siswa membawa karakteristik mereka sendiri, termasuk kemampuan ...
Read More →

Panduan Mentoring Menjadi Mentor Profesional

Mentoring merupakan kegiatan pendampingan yang dilakukan kepada suatu organisasi yang dianggap kurang mahir dalam melakukan sesuatu. Proses Pendampingan ini juga membutuhkan adanya interaksi yang bersifat ...
Read More →