Peningkatan kompetensi guru merupakan faktor kunci dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Guru yang kompeten tidak hanya menguasai materi ajar, tetapi juga mampu menerapkan metode pengajaran yang efektif, memahami kebutuhan siswa, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta kurikulum. Oleh karena itu, berbagai program dan kebijakan telah diterapkan untuk mendukung pengembangan profesional guru di tanah air.
Salah satu penelitian yang relevan adalah studi oleh Acesta, Jaelani, dan Nurlaelah (2024) berjudul “Transformasi PPG: Langkah Strategis Meningkatkan Kompetensi Guru di Abad 21”. Penelitian ini mengeksplorasi transformasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai upaya strategis dalam meningkatkan kompetensi guru di era modern. Menggunakan pendekatan campuran, penelitian ini melibatkan 200 responden, termasuk peserta dan alumni PPG dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan pedagogik, keterampilan teknologi, dan kemampuan komunikasi peserta setelah mengikuti program. Temuan ini menegaskan pentingnya transformasi PPG untuk menghasilkan guru yang kompeten dan adaptif terhadap tantangan pendidikan di era global.
Tantangan dalam peningkatan kompetensi guru masih ada. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan akses terhadap pelatihan berkualitas. Kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah, dan keterbatasan infrastruktur teknologi, terutama di daerah terpencil. Mengatasi permasalahan ini, perlu kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat. Untuk menyediakan sumber daya dan lingkungan yang mendukung pengembangan profesional guru secara berkelanjutan.
Selain itu, penting bagi guru untuk memiliki komitmen terhadap pembelajaran sepanjang hayat. Dengan terus mengembangkan diri, mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan, dan beradaptasi dengan perubahan. Dampaknya guru dapat memastikan bahwa mereka memberikan pendidikan yang relevan dan bermutu tinggi kepada siswa. Dukungan dalam bentuk insentif, pengakuan, dan kesempatan pengembangan karier juga dapat memotivasi guru untuk terus meningkatkan kompetensinya.
Kesimpulannya, peningkatan kompetensi guru adalah investasi penting untuk masa depan pendidikan Indonesia. Melalui program seperti PPG dan inisiatif lainnya, diharapkan guru dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, keberhasilan upaya ini memerlukan dukungan menyeluruh dari berbagai pihak serta komitmen individu guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan dinamika dunia pendidikan yang terus berkembang.
Kuanta merupakan lembaga yang berpengalaman dan terpercaya sebagai partner transformasi pendidikan melalui layanan konsultasi, pelatihan, pengembangan kepemimpinan, riset. Serta pendampingan berkelanjutan untuk menjadi lembaga pendidikan terbaik. Kuanta Indonesia telah bekerjasama dengan kementerian pendidikan, dinas pendidikan, yayasan pendidikan, Sekolah, Direktur Pendidikan, CSR, Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga Pendidik lainnya.
Sumber Referensi : Transformasi PPG : Langkah Strategis Meningkatkan Kompetensi Guru di Abad 21
Temukan artikel kami yang lain di link berikut : Kumpulan Artikel Kuanta
Simak juga update terbaru dari kami melalui channel : youtube Kuanta Indonesia
Follow instagram kami di @kuantaindonesia