Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah

peningkatan mutu pendidikan

Peningkatan Mutu Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Lembaga pendidikan harus selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Perhatian khusus diberikan kepada perkembangan dan kemajuan pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan.

Peningkatan mutu pendidikan adalah suatu proses atau upaya untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan. Saat ini pendidikan di Indonesia mengalami pasang surut. Serta berbagai permasalahan pendidikan menjadi tantangan terbesar dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di Indonesia. Permasalahan inilah yang menjadi faktor utama dibalik rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian khusus masyarakat.

Dibandingkan dengan negara maju lainnya, kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena mutu pendidikan belum mencapai standar dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Disebabkan dengan adanya keterbatasan dalam beradaptasi tidak hanya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun terhadap perkembangan ekonomi, sosial, budaya masyarakat.

Faktor Penyebab Mutu Pendidikan di Indonesia Rendah : 

  • Sejak tahun 60 an, pembelajaran hanya dilakukan melalui buku paket. Meskipun kurikulum di Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan, namun saat pembelajaran guru masih menggunakan buku paket. Guru menggunakan buku paket sebagai acuan tanpa memunculkan ide-ide baru. Karena pembelajaran sangat memerlukan kekreatifitas dari guru dalam menyampaikan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
  • Metode mengajar satu arah, pada umumnya guru cenderung menggunakan metode ceramah karena dianggap mudah dan tidak memerlukan persiapan yang rumit. Guru dapat membuat media atau alat peraga yang membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
  • Kurangnya sarana belajar, hal ini sering terjadi pada daerah terpencil yang khususnya menjadi perhatian pemerintah.
  • Guru tak menanamkan diskusi dua arah. Ketika pembelajaran hendaknya diberikan kesempatan untuk bertanya, bukan sekadar meminta mereka mendengarkan lalu mengajukan pertanyaan. Hal inilah yang menyebabkan semua siswa menjadi tidak aktif saat pembelajaran.

Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia

Menurut Yushak Baharuddin, tujuan supervisi akademik yaitu mengembangkan proses belajar mengajar menjadi lebih baik. Dengan melakukan pembinaan kepada guru dan meningkatkan profesi mengajarnya, melalui : 

  • Meningkatkan efektifitas dan efisiensi belajar mengajar.
  • Mengendalikan penyelenggaraan bidang teknis edukatif di sekolah sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan.
  • Menjamin agar kegiatan sekolah berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga berjalan lancar dan optimal.
  • Menilai keberhasilan sekolah dalam pelaksanaan tugasnya.
  • Memberikan bimbingan langsung untuk memperbaiki kesalahan.

Dengan bantuan pemimpin sekolah yang tertuju kepada perkembangan kepemimpinan guru-guru dan personel sekolah lainnya dalam mencapai tujuan pendidikan berupa dorongan, bimbingan dan kesempatan bagi pertumbuhan keahlian dan kecakapan guru-guru seperti bimbingan dan usaha pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran. Serta budaya organisasi pembelajaran, dan kegiatan pelatihan.

Untuk mencapai tujuannya, pendekatan tersebut harus dilakukan secara direktif, kolaboratif, atau non direktif, dengan mempertimbangkan tingkat kematangan konseptual serta komitmen seorang guru. Dengan berkolaborasi bersama konsultan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Sekolah dapat menjadi langkah awal untuk tercapainya pendidikan yang berkualitas.

Kuanta Indonesia berpengalaman dan terpercaya sebagai partner bertransformasi pendidikan melalui layanan konsultasi, pelatihan, pengembangan kepemimpinan, riset. Serta pendampingan berkelanjutan untuk menjadi lembaga pendidikan terbaik. Kuanta Indonesia juga telah dipercaya oleh kementerian pendidikan, dinas pendidikan, yayasan pendidikan, Sekolah, Direktur Pendidikan, CSR, Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga Pendidik lainnya.


Temukan artikel kami yang lain di link berikut : Kumpulan Artikel Kuanta
Simak juga update terbaru dari kami melalui channel youtube Kuanta Indonesia
Follow instagram kami di @kuantaindonesia

Sumber Referensi : Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan : Penting dan Genting!


Bagikan Artikel :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Pinterest

Peran Teknologi Pendidikan Untuk Menunjang Pembelajaran Digital

Di era globalisasi dan digitalisasi saat ini, teknologi telah menjadi komponen penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Pembelajaran digital, yang menggabungkan teknologi ...
Read More →

Hubungan antara Kreativitas Mengajar Guru dan Prestasi Siswa

Kreativitas guru dalam mengajar merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi terhadap prestasi siswa. Guru yang kreatif mampu menciptakan pembelajaran yang menarik, bermakna, dan berpusat ...
Read More →

Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Mengajar

Pendidikan memiliki peran dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dengan mengembangkan potensi yang ada dalam diri, sehingga membutuhkan manajemen yang tepat. Manajemen kelas berasal dari 2 ...
Read More →