Banyak rahasia kepemimpinan kepala sekolah yang harus diketahui oleh seorang Kepala Sekolah untuk mengelola sekolah agar tetap berjalan sesuai dengan standard dan memiliki nilai lebih. Tidak hanya itu Kepala Sekolah juga dituntut untuk memenuhi customer internal dan eksternal. tak liput juga untuk membangun jaringan kepada lingkungan dan masyarakat.
Untuk memenuhi tantangan tersebut kepala sekolah harus memiliki tim yang tidak hanya memahami tugas, tetapi juga bisa bergerak bersama untuk mewujudkan tujuan besar sekolah. Untuk mewujudakan tim yang kuat, kepala sekolah harus mengetahui dan bisa mengimplementasikan rahasia kepemimpinan kepala sekolah untuk keterampilan dasar kepemimpinan. Keterampilan dasar kepemimpinan itu adalah Mempengaruhi, Menggerakkan, mengembangkan, dan memberdayakan tim kita. Seperti apa penjelasannya sebagai berikut
- Mempengaruhi,
kepala sekolah harus mampu membuktikan bahwa dirinya benar-benar memahami tugas dan fungsinya sebagai seorang pemimpin dan mampu meyakinkan bawahannya untuk mendukung ide kreatif, inovatif dan program yang ditetapkannya. Mampu membangkitkan rasa memiliki dan kebersamaan dalam kesepahaman untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama melalui tindakan-tindakan nyata dengan mengikutsertakan mereka dalam perencanaan, penyelenggaraan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi.
- Menggerakkan,
kepala sekolah memiliki kemampuan manajerial yang baik, berfikir strategis, menganalisa masalah dengan cepat untuk mengambil keputusan pada kondisi dan situasi apapun, mampu memberikan motivasi yang tinggi untuk meningkatkan semangat, kemauan dan antusias dalam membantu menjalankan tugas sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Mampu memberikan bimbingan melalui tindakan-tindakan nyata kepada bawahannya tanpa harus memberi tahu dan membagi perhatian dan dukungan kepada bawahannya dengan merata sesuai dengan minat dan tugasnya.
- Mengembangkan,
kepala sekolah memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk memberikan ide, masukan, saran, kritikan untuk membantu mengembangkan kegiatan dan program yang telah ditetapkan, Bekerja sama dengan pihak lain untuk dukungan dana dan membantu dalam mengembangkan sekaligus mensukseskan program-program peningkatan mutu sekolah yang telah ditetapkan.
- Memberdayakan,
kepala sekolah melakukan inventarisasi dan analisis terhadap semua sumber daya yang dimiliki sekolah baik sumber daya manusia maupun sarana prasarana. Pemanfaatan dan pemberdayaan sumber daya dilakukan sesuai kebutuhan untuk efisiensi. Kepala sekolah juga dapat mengikutsertakan bawahannya dalam kegiatan pengembangan kompetensi, misalnya diklat, seminar, lokakarya yang sesuai dengan minat dan bakatnya untuk menambah pengetahuan dan pengalaman untuk mendukung program peningkatan mutu sekolah. Pemberian kesempatan kepada bawahannya untuk mengemukakakan pendapatnya dan berkontribusi dalam penyelesaian masalah ketika bermusyawarah akan menambah kepercayaan dan loyalitas bawahan kepada pimpinannya. Bersama bawahan yang sudah memiliki loyalitas tinggi akan memberikan semangat dan antusias dalam menunaikan tugas dan fungsinuya di sekolah dengan senang hati tanpa beban.
Dengan memiliki keterampilan dasar kepemimpinan ini diharapkan kepala sekolah bisa melaksanakan tugas untuk menjaga agar sekolah tetap berjalan dengan kualitas yang sudah ditetapkan. tidak hanya itu, tim yang kita bersama-sama melaksanakan tugas ini juga merasa nyaman dalam melaksanakan tugas, dan akan merasakan terberdayakan tidak diberdayai.
Apakah Anda sudah mengetahui dan menerapkan keterampilan dasar kepemimpinan tersebut? Sampai bertemu di artikel Kuanta selanjutnya
Tetap bergerak untuk pendidikan yang lebih baik.
Penulis : Coach Diwan
Editor & Publish : Coach Indra
Sumber
———————————————
- Dejavu
- Majalah suara pendidikan
- Juknis Penulisan dan Penilaian Makalah Kepemimpinan