Kemendikbud Prioritaskan 4 Program Ini di Tahun 2017

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelesaikan empat program prioritas ditahun 2017 ini.

Keempat program tersebut antara lain meningkatkan pendidikan yang berkeadilan, penguatan pendidikan karakter, meningkatkan tenaga kerja terampil dan meningkatkan literasi siswa dan guru.

Staf Khusus Kemendikbud Bidang Komunikasi Publik Nasrullah mengatakan, untuk program pendidikan yang berkeadilan, Kemendikbud akan mendistribusikan Kartu Indonesia Pintar kepada 1,6 juta anak sekolah di seluruh Indonesia.

“Termasuk anak-anak di daerah terluar, terdepan dan tertinggal,” kata Nasrullah dikutip laman korpri.id Selasa 21 Maret 2017.

Ia menambahkan, untuk program prioritas selanjutnya yakni pendidikan berkarakter akan dimaksimalkan pada siswa yang masih berada di tingkat sekolah dasar.

Selanjutnya yakni meningkatkan tenaga kerja terampil, kata dia, dapat dilakukan dengan revitalisasi pendidikan kejuruan dan keterampilan.

“Wujudnya adalah membangun 50 sekolah menengah kejuruan bidang kelautan, 50 sekolah pariwisata, 100 sekolah pertanian, 220 techno park dan 1.540 sekolah menengah kejuruan yang bekerja sama dengan industri,” ujar Nasrullah.

Yang terakhir program literasi adalah dengan meningkatkan bacaan bagi siswa dan guru. Salah satunya adalah meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah yang berupa pembiasaan siswa membaca selama 15 menit sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Selain keempat program prioritas tersebut, Kemendikbud juga akan mengkaji terkait wacana penerapan full day school. Nasrullah mengatakan, terkait program yang digulirkan pertengahan 2016 lalu itu sebanyak 540 sekolah negeri dan swasta sudah berhasil menerapkan.

“Tahun 2019 diharapkan seluruh sekolah negeri maupun swasta sudah menerapkan sistem itu,” katanya. (dwq)

Bagikan Artikel :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Pinterest

BAGAIMANA JIKA GURU / SDM KITA TIDAK SIAP DENGAN JABATAN BARU?

Apakah kita pernah menjumpai guru / SDM kita merasa tidak siap atau tidak percaya diri dengan jabatan yang baru?  Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ...
Read More →

Bagaimana jika kita telah melatih dan mengembangkan Guru dan kemudian Mereka Keluar?

Apakah Anda sebagai pimpinan lembaga pendidikan pernah terlintas dalam pikiran atau benak Anda jika sudah melatih dan mengembangkan guru namun mereka keluar? Hal ini juga ...
Read More →

Tata Kelola Sekolah & Langkah Meningkatkan Mutu Pendidikan

Pendidikan yang berkualitas tidak hanya tergantung pada kurikulum atau fasilitas fisik, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh tata kelola sekolah yang efektif. Kuanta, sebagai lembaga konsultan ...
Read More →