Keterampilan organisasi merupakan keterampilan yang dapat membantu dalam mengelola ekspektasi, menyelesaikan tugas, tanggung jawab, dan memberikan hasil secara tepat waktu. Dengan memanfaatkan sumber daya, waktu, dan aspek lainnya secara efektif dan efisien, menjadikan keterampilan sebagai kunci organisasi. Untuk menguasai keterampilan organisasi memerlukan aktivitas organisasi yang melibatkan pemanfaatan sumber daya, waktu, dan aspek lainnya secara efektif dan efisien. Sebagai contoh terbiasa dengan multitasking, lebih bisa mengatur waktu menjadi lebih baik, mampu survive di lingkungan kerja yang baru atau di lingkungan baru.
Manfaat keterampilan Organisasi
- Mampu membantu dalam menyelesaikan pekerjaan secara efisien
- Meningkatkan kinerja dan produktivitas seseorang
- Mampu mengembangkan kemampuan lain seperti manajemen waktu, dan konsentrasi.
- Mampu menyusun perencanaan secara matang
Macam-macam Keterampilan organisasi
- Manajemen waktu. Kemampuan seseorang dalam perencanaan waktu dan energi secara optimal. Dengan demikian, individu dapat merealisasikan rencana yang telah mereka susun dan mencapai hasil yang maksimal.
- Penyusunan perencanaan. Membuat daftar kegiatan secara terperinci merupakan langkah dalam melakukan penyusunan perencanaan.
- Pola pikir analitis. Seseorang memiliki kemampuan dalam membaca informasi atau kondisi yang ada.
- Pengambilan Keputusan. Seseorang memiliki kemampuan untuk memikirkan dan mempertimbangkan secara matang, sehingga membentuk pola pikir yang kritis.
Cara Meningkatkan Keterampilan Organisasi
- Membuat daftar kegiatan (to-do-list). Menetapkan secara detail beserta tenggat waktu pekerjaan atau kegiatan yang akan dilakukan. Seseorang dapat membuat daftar kegiatan tersebut secara harian maupun mingguan.
- Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan jadwal. Seseorang dapat mencegah penumpukan pekerjaan dengan mengikuti jadwal yang telah disusun sebelumnya. Sehingga daftar pekerjaan yang telah dirinci tidak akan sia-sia.
- Komunikasi bersama dengan tim. Koordinasi bersama tim atau divisi mencegah terjadinya kesalahpahaman dalam proyek yang sedang dikerjakan, sehingga memungkinkan proyek selesai tepat waktu sesuai dengan tenggat yang telah ditentukan.
Dengan kolaborasi yang efektif antara orang tua, siswa, dan konsultan pendidikan, kita dapat merancang perjalanan pendidikan yang memadai, memberikan dukungan yang diperlukan, dan memastikan bahwa anak-anak kita siap menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri dan kompetensi yang tinggi.
Kuanta merupakan partner transformasi pendidikan melalui layanan konsultasi, pelatihan, pengembangan kepemimpinan, riset dan pendampingan berkelanjutan untuk menciptakan masa depan pendidikan terbaik di indonesia. Serta pendampingan berkelanjutan untuk menjadi lembaga pendidikan terbaik. Dengan demikian, Kementerian Pendidikan, Dinas Pendidikan, yayasan pendidikan, sekolah, dan Direktur Pendidikan telah mempercayai Kuanta Indonesia. Selain itu CSR, Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah. Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga Pendidik lainnya.
Sumber: Sevilla. Organizational Skills: Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Meningkatkannya. diakses pada 3 Juni dari https://www.gramedia.com/best-seller/organizational-skills/
Temukan artikel kami yang lain di link berikut : Kumpulan Artikel Kuanta
Simak juga update terbaru dari kami melalui channel : youtube Kuanta Indonesia
Follow instagram kami di @kuantaindonesia