Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu aset yang penting untuk kemajuan bangsa. Upaya yang dilakukan untuk memajukan serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia adalah melalui pendidikan. Dalam hal ini, penting untuk guru membuat siswa lebih aktif dan responsif, serta mampu menggali potensi mereka di kelas. Guru perlu untuk menerapkan sistem manajemen kelas yang mumpuni dan sesuai dengan kurikulum agar mencapai hal tersebut. Manajemen kelas adalah serangkaian perilaku guru dalam upayanya menciptakan dan memelihara kondisi kelas. Manajemen kelas juga memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan baik. Pembelajaran berkualitas tidak hanya ditentukan oleh pembaharuan kurikulum fasilitas yang tersedia dan kepribadian guru yang simpatik. Tetapi juga guru harus menguasai manajemen kelas. Dalam prosesnya, guru dapat menerapkan beberapa hal berikut agar manajemen kelas lebih efektif :
Tetapkan Aturan Kelas yang Jelas Sejak Awal
Aturan yang jelas dan konsisten membantu siswa memahami harapan guru sejak awal. Guru harus memastikan aturan disusun bersama siswa jika memungkinkan. Hal ini bertujuan agar mereka merasa memiliki andil dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif. Sampaikan konsekuensi atas pelanggaran aturan dengan tegas namun adil.
Bangun Hubungan Positif dengan Siswa
Kenali siswa Anda secara individu dan ciptakan hubungan positif dengan mereka. Dengan memahami kebutuhan, minat, dan gaya belajar masing-masing siswa, Anda dapat menciptakan pendekatan yang lebih personal. Siswa dapat merasa dihargai dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran.
Gunakan Pendekatan Proaktif
Mencegah masalah lebih efektif daripada menanganinya setelah terjadi. Misalnya, mengatur tempat duduk untuk mengurangi interaksi yang berpotensi mengganggu, atau mengatur transisi antar kegiatan dengan lancar. Perencanaan kegiatan yang menyeluruh membantu mengurangi kebingungan dan ketidakdisiplinan.
Kelola Waktu dengan Efisien
Rencanakan jadwal kegiatan yang seimbang dan realistis. Pastikan setiap sesi pembelajaran memiliki alur yang jelas, termasuk waktu untuk penjelasan, diskusi, aktivitas kelompok, dan evaluasi. Hindari waktu kosong di kelas karena bisa memicu gangguan.
Berikan Instruksi yang Jelas dan Spesifik
Guru dalam memberikan instruksi kepada siswa harus mudah dipahami. Gunakan bahasa yang jelas dan hindari terlalu banyak instruksi dalam satu waktu. Guru juga dapat menggunakan papan tulis atau media visual untuk memperkuat arahan yang disampaikan.
Berikan Penguatan Positif
Apresiasi siswa yang menunjukkan perilaku positif, baik secara verbal maupun non-verbal. Pujian dan penghargaan kecil dapat meningkatkan motivasi dan mendorong siswa lain untuk mengikuti perilaku yang baik. Penguatan positif bisa berupa pujian lisan, stiker, atau poin penghargaan.
Manajemen kelas dapat membuat guru lebih mampu untuk mengorganisir keberlangsungan pembelajaran di kelas. Selain itu, dapat menciptakan kekuatan hubungan interpersonal antara guru dengan siswa. Tidak hanya itu, manajemen kelas juga menciptakan sebuah transparansi kondisi keberlangsungan suatu kelas juga. Guru menjadi lebih akrab dengan siswa, dan siswa menjadi lebih terbuka dan mampu menyampaikan keluh kesah mereka.
Kini, Kuanta hadir berpengalaman dan terpercaya sebagai partner bertransformasi pendidikan melalui layanan konsultasi, pelatihan, pengembangan kepemimpinan, riset. Serta pendampingan berkelanjutan untuk menjadi lembaga pendidikan terbaik. Kuanta Indonesia telah dipercaya oleh kementerian pendidikan, dinas pendidikan, yayasan pendidikan, Sekolah, Direktur Pendidikan, CSR, Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga Pendidik lainnya.
Sumber: MANAJEMEN KELAS DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
Temukan artikel kami yang lain di link berikut : Kumpulan Artikel Kuanta
Simak juga update terbaru dari kami melalui channel : youtube Kuanta Indonesia
Follow instagram kami di @kuantaindonesia