Strategi Marketing Di Tengah Ketatnya Persaingan Sekolah

Sekolah harus meningkatkan strategi marketing sekolahnya! karena tingkat persaingan sekolah tiap tahun semakin ketat, kenapa demikian? Hal ini dikarenakan jumlah sekolah yang semakin banyak. Menurut data Berdasarkan laporan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), ada 436.707 sekolah di Indonesia pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Dari jumlah itu, sekolah paling banyak berada di Jawa Timur, yakni 67.317 unit.

Melihat angka yang besar itu, sekolah tidak hanya wajib menawarkan kualitas, dan fasilitas pendidikan terbaik, akreditasi bagus dan lainnya. Sekolah juga harus memiliki strategi marketing sekolah yang bagus. 

Lalu seperti apa strategi digital marketing sekolah yang bisa digunakan sekolah dalam mempromosikan sekolahnya? Sekolah bisa lakukan hal ini!

Strategi Digital Marketing Sekolah

  1. Tentukan target dan tujuan

Menentukan target dan tujuan sekolah sespesifik mungkin. Karena dengan hal itu kita bisa membuat strategi yang tersusun dengan baik, dan tidak akan meleset dari target dan tujuan awal. 

  1. Identifikasi audience

Jika tujuan marketing untuk meningkatkan jumlah pendaftar di sekolah, maka ada 2 target audience yaitu orang tua murid dan murid itu sendiri. Setelah mengetahui target audience mu maka lakukan pendekatan-pendekatan, seperti apa yang mereka butuhkan, dari mana mereka biasa mencari informasi, kondisi sosial ekonomi dan sebagainya. Dengan begitu sekolah bisa membuat strategi marketing yang sesuai untuk mereka.

  1. Buat website yang lebih menarik dan informatif

Website adalah platform marketing terbesar dan pasti semua sekolah memiliki nya. Buat website yang sesuai dengan target audience mu. Dikarenakan target audience ada orang tua murid buat website dengan tampilan yang mudah untuk mendapat informasi, dengan tampilan sederhana namun tetap menarik. Buatlah website yang bisa diakses dengan handphone, karena sebagian besar anak dan orang tua di era digital ini pasti menggunakan smartphone.

  1. Manfaatkan social media

Memanfaatkan social media untuk meningkatkan digital marketing. Ada berbagai macam media social seperti, Instagram, Youtube, Twitter, Facebook, Telegram dan kini ada Saluran Whatsapp. Sekolah dapat membagikan berbagai informasi dan aktivitas yang sedang berlangsung melalui saluran WhatsApp.

  1. Mengikuti Marketing School Bootcamp Kuanta

Saat ini Kuanta hadir dengan program Marketing School Bootcamp, yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah murid di sekolah. Dengan mengikuti marketing school bootcamp ada beberapa benefit yang bisa sekolah dapatkan salah satunya adalah sertikat, whatsapp group dan networking. Acara ini akan diadakan pada tanggal 29 November 2024 sampai 1 Desember 2024 di hotel bintang 3 Surabaya. Segera daftarkan sekolahmu, kamu bisa mengakses informasi program ini di website Kuanta.id.


Sumber: https://studentpreneur.id/blog/strategi-digital-marketing-sekolah/


Temukan artikel kami yang lain di link berikut : Kumpulan Artikel Kuanta
Simak juga update terbaru dari kami melalui channel : youtube Kuanta Indonesia
Follow instagram kami di @kuantaindonesia


Bagikan Artikel :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Pinterest

Peningkatan Mutu Pendidikan, Urgensi dan Strateginya

Pendidikan adalah fondasi utama untuk menciptakan masyarakat yang maju, berdaya saing, dan sejahtera. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan menjadi salah satu prioritas yang harus ...
Read More →

Pendidikan Berbasis Data untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Dalam era digital ini, data menjadi salah satu aset paling berharga dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Pendidikan berbasis data adalah pendekatan yang menggunakan data untuk ...
Read More →

Etika Penggunaan Teknologi Chatgpt Dalam Pendidikan

Bagimana sih etika yang benar dalam penggunaan teknologi pendidikan? Teknologi pendidikan saat ini terus mengalami kemajuan. Banyak sekali diciptakannya teknologi pendidikan yang sangat membantu dan ...
Read More →