Peningkatan mutu pendidikan   merupakan   orientasi   pengembangan   peradaban nasional sebagai investasi masa depan pengembangan bangsa jangka panjang. Apalagi sekarang memasuki  era  revolusi  industri, kita perlu memperbaiki mutu sekolah. Berdasarkan data yang dirilis Worldtop20.org peringkat pendidikan Indonesia pada 2023 berada diurutan ke 67 dari 209 negara di dunia. Urutan Indonesia berdampingan dengan Albania di posisi ke-66 dan Serbia di peringkat ke-68.

Ciri-Ciri Sekolah Yang Berkualitas

  1. Sekolah yang berfokus pada keinginan dan kebutuhan konsumen. Baik konsumen internal maupun eksternal. Sehingga akan terus memiliki inovasi untuk peningkatan mutu sekolah.
  2. Sekolah yang berinvestasi pada Sumber Daya Manusia. Sehingga, memperoleh kualitas SDM yang unggul yang dapat mendukung peningkatan mutu sekolah.
  3. Sekolah memiliki strategi khusus untuk mencapai kualitas, baik tingkat pimpinan, tenaga pendidik dan administratif.
  4. Sekolah memiliki strategi jangka panjang, jangka menengah  dan jangka pendek. Sekolah memiliki kriteria evaluasi yang jelas.
  5. Sekolah mengelola atau memperlakukan keluhan sebagai umpan balik untuk peningkatan mutu sekolah. Serta memposisikan kesalahan sebagai instrumen untuk berbuat benar pada masa berikutnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah

Untuk meningkatkan mutu sekolah, kita harus melakukan usaha-usaha terkait peningkatan mutu tersebut. Hasil penelitian dari Samtono (2010) menguraikan bahwa berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional khususnya kualitas sekolah antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan di berbagai jenjang baik tingkat dasar maupun perguruan tinggi.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan mutu sekolah adalah 

  1. Kinerja guru sebagai pengajar

Guru berperan penting di sini karena mereka terjun langsung dalam proses pembelajaran. Dengan memiliki guru profesional hal ini akan menjadi kunci utama dalam peningkatan mutu sekolah.

  1. Pemanfaatan sumber belajar

Pemanfaatan sumber belajar disini adalah seperti. SDM, seperti guru, teman, ahli atau narasumber lainnya. Bahan, seperti buku,artikel,modul dan bahan cetak lainnya. Latar, seperti laboratorium,perpustakaan, ruang kelas dan lainnya. Dengan pemanfaatan sumber belajar yang optimal akan membantu dalam meningkatkan kualitas sekolah.

Dari faktor di atas, kita dapat mengetahui bahwa SDM guru dan sumber belajar menentukan peningkatan mutu sekolah

Saat ini Kuanta Indonesia telah hadir sebagai mitra lembaga pendidikan melalui layanan konsultasi, pelatihan, pengembangan kepemimpinan, riset dan pendampingan berkelanjutan untuk menciptakan masa depan pendidikan terbaik di indonesia. Selain itu, kementerian pendidikan, dinas pendidikan, yayasan pendidikan, sekolah, direktur pendidikan, CSR, pengurus yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidik lainnya mempercayai Kuanta Indonesia.


Sumber:

https://media.neliti.com/media/publications/75405-ID-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-mutu-sek.pdf

https://mutupendidikan.com/13-ciri-ciri-sekolah-bermutu


Temukan artikel kami yang lain di link berikut : Kumpulan Artikel Kuanta
Simak juga update terbaru dari kami melalui channel : youtube Kuanta Indonesia
Follow instagram kami di @kuantaindonesia


Bagikan Artikel :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Pinterest

Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter di Era Society 5.0

Pendidikan menurut Undang-undang No. 20 Tahun  2003  Pasal  3  tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional  bahwa  Pendidikan  Nasional  yaitu:  “berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban ...
Read More →

Menerapkan Konsep Pembelajaran Sepanjang Hayat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Konsep pembelajaran sepanjang hayat. Ada pepatah “Tidak ada kata terlambat untuk  belajar”  pepatah ini diadopsi dari bahasa inggris “Never too late to learn”. Makna pepatah ...
Read More →

Kuanta Indonesia Gelar School Leadership Program 2024

Kuanta Indonesia berhasil gelar acara School Leadership Program (SLP) 2024. Kegiatan ini berupa pelatihan atau mentoring bagi para kepala sekolah serta wakil kepala sekolah di ...
Read More →